handphone-tablet
Home » »
















1. Ambil contoh sebuah sistem dan sebutkan komponen –komponennya
2. Kapan sebaiknya menggunakan arsitektur terdistribusi dan terpusat?
Jelaskan jawaban anda.
3. Sistem informasi yang tidak menggunakan komputer  tetap memiliki komponen sumber daya software. Jelaskan pernyataan tersebut .

“JAWABAN”

1.    Computer Hardware
Computer terdiri dari 2 componen yaitu software dan hardware.Kedua komponen berjalan saling berdampingan dan saling membutuhkan satu sama lain.  Baiklah kali ini kita akan membahas tentang computer hardware . Coba anda sebutkan apa saja yang disebut dengan computer hardware ! Sebagian orang mungkin akan menjawab monitor,CPU, Keyboard,Mouse,Dll. Jawaban yang memang tepat. Tapi kali ini ita akan membahas tentang komponen-komponen Computer hardware secara lebih detail lagi.
Komponen-komponen dari Computer hardware(perangkat keras komputer) terdiri dari :
1.    Input device
2.    Output device
3.    System Unit
4.    Storage
5.    Comunication/Network
1.    input device ? Input device adalah Sebuah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau pun instruksi kedalam komputer . Input device yang biasa kita jumpai contohnya: keyboard,mouse,joystik, microphone,dll. Selain itu ada juga input device berupa  sensor, kamera, atms, optical scaners.

2.    Output device adalah komponen hardware yang dapat menyampaikan informasi kepada user/operator. Data/informasi yang di sampaikan dapat berupa grapic, audio, video, dan text. Contoh dari output device adalah monitor, speaker, printer,dll.


3.     system unit yaitu System unit (mother board) terdiri dari 2 kompnen yaitu:
•    Cenral Processing Unit (Processor): melaksanakan apa yagn diperintah oleh user kepada komputer.
•    Memory:menyimpan sementara data/instruksi yang diberikan kepada komputer.
4.    Storage(media penyimpanan).Storage digunakan untuk menyimpan informasi yang berguna untuk kedepannya. Storage media adalah media untk menyimpan data,intruksi,dan informasi.Sedangkan Storage device adalah device yang berguna untuk menyimpan dan membaca data,informasi,dan intruksi dari Sotrage media.

5.    Comunication/network adalah kumpulan dari beberapa komputer uang bekerja secara bersamaan.Contoh dari network media adalah cabel,satellite,telephone lines, dan cellular radio.


2.    Kapan sebaiknya menggunakan arsitektur terdistribusi dan terpusat? Jelaskan jawaban anda!

Arsitektur Terdistribusi/ Desentralisasi
Penggunaan sistem terdistribusi biasa dilakukan pada dunia perbankan. Setiap kantor cabang memiliki pemrosesan data tersendiri. Namun, jika dilihat pada operasional seluruh bank bersangkutan, sistem pemrosesannya berupa sistem pemrosesan data yang terdistribusi
Arsitektur desentralisasi merupakan konsep dari pemorosesan data tersebar (atau terdistribusi). Sistem pemrosesan data terdistribusi (atau biasa disebut sebagai komputasi tersebar). sebagai system yang terdiri atas sejumlah komputer yang tersebar padu berbagai lokasi yang di’ hubungkan dengan sarana telekomunikasi dengan masing-masing komputer mampu melakukan pemrosesan yang serupa secara  mandiri. Tetapi bisa saling berinteraksi dalam pertukaran data. Dengan kata lain sistem pemrosesan data distribusi membagi sistem pemrosesan dan terpusat ke dalam subsistem-subsistem yang lebih kecil, yang pada hakikatnya masing-masing subsistem tetap berlaku sebagai sistem pemrosesan data yang terpusat.

Arsitektur Terpusat/Tersentralisasi
Kita dapat mempertahankan pemakaian Sistem Mandiri, jika kita harus mengakomodasi pemakaian oleh banyak pemakai (multi user). Arsitektur ini terdiri atas sebuah mesin server dan sejumlah terminal (yang menjadi tempat user berinteraksi dengan sistem). Yang tersentralisasi dalam arsitekur ini dapat mencakup basis data, DBMS dan aplikasi basis data atau basis data saja.contoh : semua aplikasi marketing (swalayan), nokia service


4.    Sistem informasi yang tidak menggunakan komputer tetap memiliki komponen sumber daya software. Jelaskan pernyataan tersebut .
jika komputer tidak memiliki komponen sumber daya software tidak akan berjalan dengan baik sebab saat ini sistem informasi berbasis mesin dan manual saat membutuhkan software dalam bentuk perintah,pemerosesan informasi dan prosedur agar bisa berjalan dengan baik dan menangkap serta menyebarkan informasi bagi pemakai.
Share this on your favourite network

0 comments:

Post a Comment

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS